Langsung ke konten utama

Indonesia akan Menjadi Negara Maju

Sudah menjadi hal umum bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya banyak hal yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain. Salah satu yang menjadi sorotan oleh semua pihak yakni kandungan akan sumber daya alamnya yang sangat melimpah dan hal itu pula yang menjadikan Indonesia sebagai lokasi yang ideal untuk ladang perekonomian. Hal ini telah terbukti dari beberapa abad sebelumnya yaitu banyak negara diluar sana yang telah menjajah Indonesia dengan dalih tidak lain karena ingin mengeruk kekayaan alam yang sangat menggiurkan.
Berabad-abad lamanya Indonesia menderita di tanahnya sendiri. Sumber daya alam yang mereka miliki bukan mereka sendiri yang menikmati. Sampai pada akhirnya rakyat Indonesia tergerak dan tidak ingin tinggal diam untuk menyerukan kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia. Setelah melewati proses panjang perjuangan para pahlawan, Indonesia berhasil merebut kedaulatannya di tanah sendiri.
Setelah itu, Bangsa Indonesia mulai membangun negara dengan menjalankan aktivitas-aktivitas yang diperlukan untuk mengisi kemerdekaannya. Dalam bidang perekonomian, saat awal-awal kemerdekaan, Indonesia masih kesulitan dalam melangkah untuk membangun perekonomian bangsa karena disebabkan oleh faktor-faktor yang sangat kompleks. Meski begitu, seiring berjalannya waktu arah pembangunan Negara Indonesia dapat dikatakan cukup baik walaupun masih tetap tertinggal oleh beberapa negara yang terlebih dulu menjalankan pembangunannya.
Aktivitas perekonomian Indonesia tidaklah terus-menerus berjalan mulus, sering pula terjadi ujian berupa munculnya krisis yang menjadi ujian bagi Bangsa ini. Salah satu krisis terbesar di Indonesia yaitu terjadinya peristiwa pada tahun 1998 yaitu pergantian Orde Baru yang mendominasi menjadi era Reformasi yang diinginkan oleh sebagian besar rakyat Indonesia. Dampak yang ditimbulkan cukup luas sehingga memerlukan tindakan yang menyeluruh dari semua pihak untuk menyelesaikan krisis tersebut. Dengan langkah-langkah yang strategis perlahan-lahan bangsa Indonesia dapat keluar dari krisis dan berfokus untuk menggencarkan pembangunan dalam negeri.
Sepanjang tahun 2017 ini, aktivitas perekonomian negara Indonesia dapat dikatakan sangat baik. Hal itu dilakukan karena bangsa ini sedang bersaing dengan negara lain agar tidak tertinggal semakin jauh. Pembangunan yang dicanangkan sejauh ini terlihat bahwa arahnya jelas untuk menjadi negara maju meskipun waktu yang dibutuhkan masih sangat panjang.
Hal tersebut memang sangat perlu dilakukan mengingat negara ini sudah seharusnya mengejar ketertinggalannya dari negara lain yang terlebih dulu menjadi negara maju. Langkah yang dilakukan oleh Pemerintahan Jokowi saat ini sangat tepat yakni memberi perhatian lebih pada wilayah-wilayah pinggiran untuk ditingkatkan infrastrukturnya. Dengan begitu, wilayah yang sebelumnya tertinggal dapat memulai untuk ikut serta dalam aktivitas perekonomian yang sebelumnya cenderung terpusat di perkotaan, khususnya di Jawa.
Kondisi georgrafis Indonesia yang sangat luas ini kurang tepat jika hanya mengandalkan wilayah pusat untuk menjalankan perekonomian, karena sejatinya dengan meratakan aktivitas perekonomian di semua wilayah maka kemungkinan meningkatnya pertumbuhan ekonomi akan semakin terwujud. Dan cita-cita menjadi negara yang maju dalam berbagai bidang akan tercapai.
Tapi konsep negara maju yang dituju haruslah sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia, agar tujuan yang telah dicapai itu adalah untuk menyejahterakan rakyat. Karena ukuran sehingga dapat dikatakan sebagai negara maju itu relatif karena tujuan yang dicapai harus dapat terimplementasi dengan tepat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Pembuatan Kendang Jimbe

Proses Pembuatan Kendang Jimbe 1.      Pemotongan Kayu             Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengukur panjang kayu dan dipotong sesuai ukuran, mulai dari yang terkecil 10cm, 15cm, 20cm, 30cm, 40cm, 50cm, 60cm, 70cm dan yang paling besar 1,5 meter. Setelah dipotong sesuai ukuran selanjutnya bagian kayu luar dihilangkan dengan cara dikelupas menggunakan pisau besar sampai bagian putih kayu terlihat. 2.      Pembubutan             Syarat kayu yang akan dibubut harus sudah dikelupas dan masih yang agak basah, jika kayu sudah kering tidak bisa dibubut lagi. Proses pembubutan kayu ini menggunakan alat bubut yang dijalankan oleh mesin diesel dan membentuknya menggunakan linggis atau besi besar yang sudah dimodifikasi ujungnya.             Ini adalah proses yang paling beresiko karena memerlukan tenaga yang cukup besar dan diharuskan sudah terampil dalam membentuk kayu sesuai dengan bentuk jimbe. 3.      Pengamplasan dan Pewarnaan

Bab 4 : Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan Pada bab ini dijelaskan mengenai beberapa teori baru yang berpengaruh dalam model ekonomi pembangunan. Meskipun kesuksesan model dalam mecapai pembangunan sulit dicapai yang dikarenakan banyaknya hambatan diluar perkiraan, tetapi model baru ini dapat membantu memperbaiki perumusan strategi pembangunan yang lebih baik. Teori pertumbuhan baru menganalisis secara terus-menerus pertumbuhan pendapatan nasional yang ditentukan dalam sistem bukan kekuatan eksternal seperti yang dikatakan oleh teori neo-klasik yang mengatakan bahwa sebagian besar sumber pertumbuhan ekonomi merupakan faktor eksogen atau proses yang sama sekali independen dari kemajuan teknologi. Meski begitu, dalam teori pertumbuhan baru juga masih menyimpan kelemahan, bahwa teori ini tetap tergantung pada sejumlah asumsi neo-klasik yang sering tidak cocok dengan perekonomian negara berkembang. Keterbelakangan sebagai Akibat Kegagalan Koordinasi Awal abad ke-21 ko

Jenis - Jenis Kamera & Penjelasannya

JENIS-JENIS KAMERA DAN PENJELASANNYA        Sampai sekarang ini telah banyak jenis kamera yang mengalami perkembangan dari pertama kali kamera diciptakan. Dunia fotografi memang banyak peminatnya mulai dari anak-anak, remaja, dan orangtua baik yang asal-asalan, hobi, sampai yang menjadi pekerjaan sehari-hari. Maka dari itu seiring banyaknya penggemar fotografi, teknologi kamera semakin meningkat juga semakin canggih. Begitupula harganya juga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta, dilihat dari kualitas, teknologi yang digunakan, material, dan kebutuhan Si pemakainya. Berikut macam-macam kamera beserta penjelasannya yang telah ada sampai saat ini : 1. Kamera Compact simple point and shoot           Kamera jenis ini mayoritas memiliki ukuran yang mungil agar dapat dikantongi dan dibawa ke mana-mana tanpa harus merepotkan penggunanya. Apabila beberapa tahun lalu, fasilitas pada kamera saku sangat terbatas juga untuk masalah resolusi sensor le