Langsung ke konten utama

TEMPAT WISATA DI BLITAR #1


TEMPAT WISATA DI BLITAR #1

1.     Makam Bung Karno

            Jika berbicara tentang Blitar pasti yang pertama muncul di pikiran adalah tempat wisata makamnya seorang proklamator Indonesia yaitu Bung karno. Tempat ini adalah pusat dari objek para wisatawan yang berlibur ke Blitar. Lokasinya berada di Kota Blitar yang paling utara tepatnya di Desa Sentul.
            Tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi ketika hari libur datang selalu dibanjiri oleh orang-orang dari berbagai tempat asal. Di sekitar makam ini ada banyak tempat penjualan oleh-oleh seperti kaos, makanan, mainan yang menjalar panjang dan tertata di utara makam. 
            Di selatan makam juga ada tempat wisata menarik lainnya, yaitu Perpustakaan Nasional Bung Karno dan Museum Bung Karno. Di dalam museum ini ada banyak koleksi peninggalan barang-barang milik Bung Karno ketika masih hidup. Bendera Merah Putih pertama Indonesia juga dipamerkan di dalam museum ini.
            Dan yang terbaru dari kompleks tempat wisata ini adalah Monumen dipajangnya Gong Perdamaian tempatnya di sebelah perpustakaan. Tempat ini juga merupakan tempat yang paling menarik bagi orang-orang untuk berfoto dan berselfie.

2.     Istana Gebang Blitar
            Ini adalah tempat masa kecinya Bung Karno dan rumah orang tua Bung Karno. Lokasinya berada 2 km di selatan makam Bung Karno. Di tempat ini ada beberapa peninggalan berupa foto-foto, tempat tidur, meja makan, garasi, mobil, dan masih banyak lagi barang yang berkaitan dengan Bung Karno. Dan di tempat ini juga rutin diadakan acara Grebeg Pancasila setiap tahunnya.
            Biasannya untuk menuju kesini sudah ada transportasi becak yang disediakan sejak dari makam Bung Karno.

3.     Pantai Tambak Rejo
            Selain tempat bersejarah, Blitar juga punya tempat wisata alam yang sangat popular di kalangan wisatawan, yaitu Pantai Tambak. Berlokasi di Blitar paling selatan dan juga bagian paling selatan dari Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Benua Australia. Waktu tempuh dari Kota Blitar sampai disini sekitar satu jam.
            Pantai Tambak mempunyai pasir yang bersih dan memanjang dari timur sampai barat. Ombaknya tidak terlalu besar, sehingga aman untuk bermain-main dengan air lautnya yang asin. Yang paling wah dari pantai ini yakni adanya sebuah bukit yang tak terlalu tinggi di timur pantai yang bisa dinaiki dengan jalan kaki. Dari atas bukit ini kita bisa melihat luasnya seluruh pantai dan hamparan laut bebas.
            Jika ingin membawa oleh-oleh dari tempat ini, sudah disediakan para penjual ikan laut yang sudah diasapi atau yang masih segar dan juga dijual dengan harga murah meriah.

4.     Candi Penataran
            Tempat ini merupakan komplek candi terbesar di Jawa Timur. Candi yang mempunyai nilai sejarah tinggi ini berada di Kabupaten Blitar bagian utara dan berjarak 10 km dari Kota Blitar. Lokasinya juga mudah dijangkau, dari makam Bung Karno tinggal lurus ke utara saja.
            Candi ini adalah peninggalan Kerajaan Majapahit pada masa Gadjah Mada. Pada masa itu, candi ini digunakan sebagai tempat di mana para raja diangkat dan merupakan tempat upacara pemujaan pada Sang Pencipta.  Candi Penataran ini dalam legenda masyarakat setempat diyakini sebagai tempat di mana Gajah Mada mengucapkan sumpahnya yang terkenal itu, yakni Sumpah Palapa, sebuah sumpah untuk mempersatukan nusantara di bawah naungan Majapahit.
            Didalam candi juga ada kolam kecil yang ada ikannya. Mungkin pada masa Kerajaan dulu kolam ini digunakan sebagai tempat pamandian.
            Untuk masuk tempat ini tidak dipungut biaya apapun, kecuali tarif parkir kendaraan anda. Didepan candi juga ada penjual oleh-oleh kaos-kaos khas Candi Penataran bagi yang ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga yang dirumah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Pembuatan Kendang Jimbe

Proses Pembuatan Kendang Jimbe 1.      Pemotongan Kayu             Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengukur panjang kayu dan dipotong sesuai ukuran, mulai dari yang terkecil 10cm, 15cm, 20cm, 30cm, 40cm, 50cm, 60cm, 70cm dan yang paling besar 1,5 meter. Setelah dipotong sesuai ukuran selanjutnya bagian kayu luar dihilangkan dengan cara dikelupas menggunakan pisau besar sampai bagian putih kayu terlihat. 2.      Pembubutan             Syarat kayu yang akan dibubut harus sudah dikelupas dan masih yang agak basah, jika kayu sudah kering tidak bisa dibubut lagi. Proses pembubutan kayu ini menggunakan alat bubut yang dijalankan oleh mesin diesel dan membentuknya menggunakan linggis atau besi besar yang sudah dimodifikasi ujungnya.             Ini adalah proses yang paling beresiko karena memerlukan tenaga yang cukup besar dan diharuskan sudah terampil dalam membentuk kayu sesuai dengan bentuk jimbe. 3.      Pengamplasan dan Pewarnaan

Bab 4 : Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan Pada bab ini dijelaskan mengenai beberapa teori baru yang berpengaruh dalam model ekonomi pembangunan. Meskipun kesuksesan model dalam mecapai pembangunan sulit dicapai yang dikarenakan banyaknya hambatan diluar perkiraan, tetapi model baru ini dapat membantu memperbaiki perumusan strategi pembangunan yang lebih baik. Teori pertumbuhan baru menganalisis secara terus-menerus pertumbuhan pendapatan nasional yang ditentukan dalam sistem bukan kekuatan eksternal seperti yang dikatakan oleh teori neo-klasik yang mengatakan bahwa sebagian besar sumber pertumbuhan ekonomi merupakan faktor eksogen atau proses yang sama sekali independen dari kemajuan teknologi. Meski begitu, dalam teori pertumbuhan baru juga masih menyimpan kelemahan, bahwa teori ini tetap tergantung pada sejumlah asumsi neo-klasik yang sering tidak cocok dengan perekonomian negara berkembang. Keterbelakangan sebagai Akibat Kegagalan Koordinasi Awal abad ke-21 ko

Jenis - Jenis Kamera & Penjelasannya

JENIS-JENIS KAMERA DAN PENJELASANNYA        Sampai sekarang ini telah banyak jenis kamera yang mengalami perkembangan dari pertama kali kamera diciptakan. Dunia fotografi memang banyak peminatnya mulai dari anak-anak, remaja, dan orangtua baik yang asal-asalan, hobi, sampai yang menjadi pekerjaan sehari-hari. Maka dari itu seiring banyaknya penggemar fotografi, teknologi kamera semakin meningkat juga semakin canggih. Begitupula harganya juga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta, dilihat dari kualitas, teknologi yang digunakan, material, dan kebutuhan Si pemakainya. Berikut macam-macam kamera beserta penjelasannya yang telah ada sampai saat ini : 1. Kamera Compact simple point and shoot           Kamera jenis ini mayoritas memiliki ukuran yang mungil agar dapat dikantongi dan dibawa ke mana-mana tanpa harus merepotkan penggunanya. Apabila beberapa tahun lalu, fasilitas pada kamera saku sangat terbatas juga untuk masalah resolusi sensor le