Langsung ke konten utama

Pantangan Setelah Makan



Pantangan Setelah Makan

            Satu diantara cara hidup sehat yang sangat penting adalah makan makanan sehat. Bagaimana dengan aktivitas setelah makan? Apakah masih terhitung cara hidup sehat?
1.     Minum Teh = Minum Racun Menurut Shengming Shibao (Majalah kehidupan), berdasarkan penelitian para ahli obat-obatan dari Institut Penelitian Bahan Obat, daratan Tiongkok:
      “Daun teh mengandung asam tannic dan teofilin, kedua zat ini akan memengaruhi pencernaan tubuh manusia terhadap makanan.”
      Cairan lambung dan usus sangat penting bagi tubuh untuk mencerna makanan, namun ketika asam tannic masuk ke saluran pencernaan, mereka dapat menghambat sekresi dan mengakibatkan gangguan pencernaan. Selain itu asam tannic dapat menyebabkan koagulasi (pembekuan) atas protein dari daging, telur, kedelai, produk susu dan makanan lainnya dan membentuk tanin-protein koagulum yang sulit dicerna.
      Tannin juga bereaksi dengan makanan yang mengandung logam seperti zat besi, magnesium dan lainnya. Keduanya akan bereaksi selama bertahun-tahun dan pada akhirnya terbentuk batu.
      Para ahli mengatakan, air putih adalah minuman terbaik setelah makan, selain dapat membersihkan mulut juga tidak memengaruhi pencernaan. Setengah jam setelah makan Anda dapat minum sedikit teh encer.

2.     Merokok
      Bahaya merokok sehabis makan bahayanya lebih besar 10 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa! ini dikarenakan peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungan dalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap,sehingga bisa merusak hati,otak besar dan pembuluh darah jantung.

3.     Makan Buah Dapat Menyebabkan Ketidaknyamanan Pencernaan
      Tampaknya makan buah setelah makan telah menjadi kegemaran banyak orang namun para ahli percaya kebiasaan ini salah. Buah-buahan kaya akan karbohidrat buah yang umumnya diserap di usus kecil. Buah-buahan yang dikonsumsi setelah makan akan diblokade oleh makanan lainnya di dalam lambung.
      Pertama, akan berdampak pada pencernaan makanan.
      Kedua, dengan waktu tinggal yang terlalu panjang, monosakarida akan berfermentasi dan menyebabkan kembung, diare, asam lambung melimpah, sembelit, dan gejala lain.
      Setelah makan ikan dan udang jangan segera mengonsumsi buah anggur dan buah-buahan yang bersifat asam lainnya, karena ikan dan udang mengandung protein dan kalsium tinggi. Jika dikonsumsi bersamaan dengan buah yang mengandung tannin, akan mudah membentuk zat yang tidak mudah dicerna yang menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan.
      Waktu yang paling baik untuk mengonsumsi buah adalah 2 – 3 jam setelah makan atau 15 menit sebelum makan. Paling baik konsumsi jeruk dan lemon setelah mengonsumsi produk makanan jadi seperti sosis. Ini bermanfaat bagi kesehatan karena beberapa produk makanan jadi mengandung natrium nitrit sebagai bahan pengawet, sedangkan jeruk atau makanan sejenisnya kaya akan vitamin C, maka dapat menghambat pembentukan natrium nitrit secara efektif.

4.     Hubungan Gangguan Pencernaan dan Gastroptosis dengan Mandi, Gosok Gigi, dan Kendorkan Ikat Pinggang
      Pakar berpendapat, mandi segera setelah makan, akan meningkatkan aliran darah pada permukaan tubuh, maka aliran darah pada saluran pencernaan akan berkurang, sehingga melemahkan fungsi pencernaan lambung dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
      Sebagian orang suka menggosok gigi segera setelah makan, Tetapi jika langsung menyikat gigi, akan merusak enamel yang kendor.
      Sedangkan mengendorkan ikat pinggang walaupun dapat membuat perut terasa nyaman, tetapi akan menyebabkan turunnya tekanan intraabdomen dan memaksa bagian lambung melorot, beban meningkat, sehingga tekanan organ pencernaan dan ligamen (jaringan berbentuk pita yang tersusun dari serabut-serabut liat yang mengikat tulang satu dengan tulang lain pada sendi) akan meningkat, menyebabkan gerak peristaltik gastrointestinal meningkat, mudah terkena volvulus (puntiran dari segmen usus terhadap usus itu sendiri) dan gangguan pencernaan, gastroptosis (lambung melorot) dan sebagainya.

5.     Hubungan Karaoke Dengan Ketidaknyamanan Pencernaan
      Orang lanjut usia sebaiknya tidak berolahraga setelah makan, karena setengah jam setelah makan, lambung menjadi sangat berat karena mencerna makanan. Pada orang lanjut usia yang mengidap penyakit jantung koroner dan infark miokard, melakukan aktivitas jalan sehat segera setelah makan dapat menyebabkan pusing, kelelahan, pening dan mati rasa pada seluruh anggota badan. Bahkan lebih buruk lagi terjadi pada pasien yang menderita ulkus gastrointestinal dan gastroptosis. Setelah makan, duduklah dengan tenang selama 30 menit sebelum melakukan aktivitas.
      Sedangkan bagi anak-anak muda, sebaiknya tidak bernyanyi setelah kenyang, karena bisa berakibat diafragma tergeser ke bawah. Tekanan pada rongga perut lebih berat. Hal ini dapat menyebabkan minimal gangguan pencernaan, maksimal mengalami ketidaknyamanan pencernaan dan lain-lain.

6.     Tidur Segera Setelah Makan Dapat Menyebabkan Stroke, Obesitas meningkatnya Kolesterol Jahat
      Para ahli mengatakan, segera setelah makan, lambung penuh dengan makanan, fungsi pencernaan sedang dalam keadaan bekerja, apabila di saat seperti itu langsung tidur maka akan memengaruhi pencernaan di dalam lambung sehingga tidak kondusif untuk penyerapan makanan.
      Disamping itu, setelah makan, pasokan darah di otak berkurang, jika berangkat tidur segera setelah makan, suplai darah di bagian otak besar berkurang sehingga menyebabkan stroke. Selain itu, setelah tertidur, tingkat metabolisme tubuh menurun, sehingga kalori yang berasal dari makanan berubah menjadi lemak dan menbuat orang menjadi gemuk dan meningkatkan kolesterol jahat.

7.     Mengendarai Kendaraan Bermotor
      Rawan kecelakaan jika habis makan lalu menjalankan kendaraan. Ini dikarenakan karena sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, hal ini mengakibatkan organ otak besar kekurangan darah untuk semetara waktu,sehingga dengan demikian dapat menyebabkan kesalahan operasional saat mengendarai kendaraan bermotor.

8.     Olahraga
      Efek berolahraga sesaat setelah makan akan menyebabkan efek kontraksi lambung yang berlebih, gerak yang akan menimbulkan tekanan pada lambung dan menyebabkan sakit yang dikenal dengan istilah “kalikiben” (bahasa Sunda).
      Pada beberapa kasus, berolahraga setelah makan bisa menyebabkan berlebih pada usus, hingga menyebabkan ambeien.

[Dari berbagai sumber]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Pembuatan Kendang Jimbe

Proses Pembuatan Kendang Jimbe 1.      Pemotongan Kayu             Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengukur panjang kayu dan dipotong sesuai ukuran, mulai dari yang terkecil 10cm, 15cm, 20cm, 30cm, 40cm, 50cm, 60cm, 70cm dan yang paling besar 1,5 meter. Setelah dipotong sesuai ukuran selanjutnya bagian kayu luar dihilangkan dengan cara dikelupas menggunakan pisau besar sampai bagian putih kayu terlihat. 2.      Pembubutan             Syarat kayu yang akan dibubut harus sudah dikelupas dan masih yang agak basah, jika kayu sudah kering tidak bisa dibubut lagi. Proses pembubutan kayu ini menggunakan alat bubut yang dijalankan oleh mesin diesel dan membentuknya menggunakan linggis atau besi besar yang sudah dimodifikasi ujungnya.             Ini adalah proses yang paling beresiko karena memerlukan tenaga yang cukup besar dan diharuskan sudah terampil dalam membentuk kayu sesuai dengan bentuk jimbe. 3.      Pengamplasan dan Pewarnaan

Bab 4 : Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan

Model Kontemporer Pembangunan dan Keterbelakangan Pada bab ini dijelaskan mengenai beberapa teori baru yang berpengaruh dalam model ekonomi pembangunan. Meskipun kesuksesan model dalam mecapai pembangunan sulit dicapai yang dikarenakan banyaknya hambatan diluar perkiraan, tetapi model baru ini dapat membantu memperbaiki perumusan strategi pembangunan yang lebih baik. Teori pertumbuhan baru menganalisis secara terus-menerus pertumbuhan pendapatan nasional yang ditentukan dalam sistem bukan kekuatan eksternal seperti yang dikatakan oleh teori neo-klasik yang mengatakan bahwa sebagian besar sumber pertumbuhan ekonomi merupakan faktor eksogen atau proses yang sama sekali independen dari kemajuan teknologi. Meski begitu, dalam teori pertumbuhan baru juga masih menyimpan kelemahan, bahwa teori ini tetap tergantung pada sejumlah asumsi neo-klasik yang sering tidak cocok dengan perekonomian negara berkembang. Keterbelakangan sebagai Akibat Kegagalan Koordinasi Awal abad ke-21 ko

Jenis - Jenis Kamera & Penjelasannya

JENIS-JENIS KAMERA DAN PENJELASANNYA        Sampai sekarang ini telah banyak jenis kamera yang mengalami perkembangan dari pertama kali kamera diciptakan. Dunia fotografi memang banyak peminatnya mulai dari anak-anak, remaja, dan orangtua baik yang asal-asalan, hobi, sampai yang menjadi pekerjaan sehari-hari. Maka dari itu seiring banyaknya penggemar fotografi, teknologi kamera semakin meningkat juga semakin canggih. Begitupula harganya juga bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta, dilihat dari kualitas, teknologi yang digunakan, material, dan kebutuhan Si pemakainya. Berikut macam-macam kamera beserta penjelasannya yang telah ada sampai saat ini : 1. Kamera Compact simple point and shoot           Kamera jenis ini mayoritas memiliki ukuran yang mungil agar dapat dikantongi dan dibawa ke mana-mana tanpa harus merepotkan penggunanya. Apabila beberapa tahun lalu, fasilitas pada kamera saku sangat terbatas juga untuk masalah resolusi sensor le